Senin, 23 Juli 2018

Mesut Özil Keluar dari Timnas Jerman, Netizen Keluarkan #IStandWithOzil

Mesut Özil Keluar dari Timnas Jerman, Netizen Keluarkan #IStandWithOzil


Sibray - Minggu malam (23/07) waktu Jerman, para penggemar sepak bola gempar di dunia netizen. Pemain gelandang tim nasional Jerman, Mezut Özil mengumumkan pengunduran dirinya dalam bentuk tiga cuitan lewat akun twitter pribadinya @MesutOzil1088. Alasan Özil mengundurkan diri adalah karena serangan rasisme.

Laman sosial pun menjadi lapangan tempat para warga net menyuarakan pendapatnya. Dari skuad timnas Jerman, yang pertama kali berkomentar di laman sosial adalah pemain Bayern München, Jerome Boateng. Dalam cuitannya, Boateng secara singkat mengungkapkan rasa terima kasihnya selama bermain bersama, Özil, yang dipanggilnya Abi.

Rekannya di Arsenal, Héctor Bellerín yang juga pemain timnas Spanyol secara terbuka memberikan dukungan atas langkah Mesut Özil yang menentang perlakukan rasis yang dialaminya pasca kekalahan Jerman dalam Piala Dunia 2018.

#IStandWithOzil

Dukungan terhadap pemain gelandang Arsenal itu pun datang dari para penggemar bola di seluruh dunia yang dirangkum dalam hashtag #IStandWithOzil. Penyanyi religius yang populer di Indonesia, Maher Zain adalah salah satu di antaranya. Cuitannya yang mengutip pernyataan Özil telah dicuit ulang sebanyak lebih dari 10 ribu kali.

Menteri Olahraga Turki, Mehmet Kaspoglu juga tak ketinggalan. "Kami sepenuhnya mendukung tindakan terhormat yang diperlihatkan saudara kami Mesut Özil," cuit Mehmet Kaspoglu.

Di Jerman, Kanselir Angela Markel melalui juru bicaranya, Ulrike Demmer menyebutkan penghargaannya atas Mesut Özil dan menganggapnya sebagai pesepakbola yang telah berkontribusi sangat besar untuk dunia sepak bola Jerman.