Kamis, 30 Agustus 2018

Korea Selatan vs Jepang, Final Ideal di Asian Games Football Man's 2018, Berikut 5 Catatan Penting

Korea Selatan vs Jepang, Final Ideal di Asian Games 2018, Berikut 5 Catatan Penting


Sibray - Final ideal terjadi di cabang olahraga sepak bola Asian Games 2018. Dua tim langganan tampil di Piala Dunia, Korea Selatan dan Jepang, akan saling berhadapan di laga puncak.

Korsel dan Jepang memang kerap jadi tim favorit juara di kejuaraan Asia, termasuk di Asian Games. Kedua negara ini pun berjaya di dua edisi multicabang empat tahunan terbesar di Asia.

Jepang merupakan juara Asian Games 2010 di Guanzhou, China. Sementara Korsel adalah jawara Asian Games 2014 saat berstatus sebagai tuan rumah di Incheon.

Meski digadang-gadang sebagai tim favorit, namun perjuangan Korsel dan Jepang tidak semulus yang dibayangkan. Bahkan kedua tim sama-sama menempati posisi runner up di fase grup.

Korea Selatan vs Jepang, Final Ideal di Asian Games 2018Timnas Jepang kerap menang tipis di sepanjang fase gugur. (ANTARA FOTO/INASGOC/Dwi Prasetyo)
Korsel yang diperkuat bintang Tottenham Hotspur, Son Heung Min, bahkan harus menjalani laga dramatis lawan Uzbekistan di perempat final. Sempat tertinggal, namun Tim Negeri Ginseng keluar sebagai pemenang lewat gol telat di menit-menit akhir babak tambahan waktu.

Di semifinal, Son Heung Min dan kawan-kawan tampil trengginas dan berhasil menghentikan langkah Vietnam dengan skor 3-1.

Perjalanan Jepang ke final juga tidak terlalu spesial. Tim Samurai Biru selalu menang tipis di fase gugur, termasuk saat mengalahkan Malaysia (1-0), Arab Saudi (2-1), dan Uni Emirat Arab (1-0).

Meski demikian, Jepang dan Korea Selatan punya peluang yang sama untuk menjuarai Asian Games 2018. Tim terbaiklah yang berhak jadi pemenang laga final yang akan digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (1/9).

Berikut lima catatan penting jelang final sepak bola Asian Games 2018 antara Korsel vs Jepang:

1. Korsel dan Jepang sama-sama lolos fase grup dengan status runner up, namun berhasil melaju hingga final.

2. Korsel dan Jepang pernah menjadi tuan rumah bersama di ajang Piala Dunia 2002. Korsel berhasil lolos ke semifinal sementara Jepang terhenti di babak 16 besar.

3. Jepang baru sekali menjuarai Asian Games, yakni pada edisi 2010. Sementara Korsel tercatat sebagai pengoleksi gelar terbanyak ajang multicabang empat tahunan ini bersama Iran dengan raihan empat medali emas.

4. Baik Korsel dan Jepang pernah menelan kekalahan dari wakil Asia Tenggara di fase grup. Korsel dikalahkan Malaysia 1-2, sementara Jepang takluk 0-1 dari Vietnam.

5. Terakhir Korsel dan Jepang di Asian Games terjadi di perempat final Asian Games 2014 Incheon. Di babak itu Korsel mengalahkan Jepang dengan skor 1-0. Pada akhirnya Korsel keluar sebagai juara di Asian Games 2014